Adakah Bank yang Menerima Agunan Akta Hibah

Adakah bank yang menerima agunan akta hibah? Jawabannya adalah ada, Anda tak perlu khawatir bila ingin mengajukan pinjaman tetapi akta yang Anda miliki merupakan akta hibah. Akta hibah sendiri adalah akta yang dilimpahkan dari satu pihak kepada pihak yang lainnya.

Misalnya akta hibah yang berupa pelimpahan akta rumah dari orang tua kepada anaknya. Biasanya kebanyakan bank tidak menerima agunan berupa akta hibah tersebut sehingga kondisi demikian membuat banyak orang tidak melakukan pinjaman pada bank.

Advertisements

Ketahui Hal Berikut Sebelum Melakukan Pinjaman Menggunakan Akta Hibah

Bagi Anda yang membutuhkan tambahan modal ataupun sedang mengalami kesulitan keuangan tentu sering kali memanfaatkan jasa pinjaman bank. Melakukan pinjaman pada bank memang dinilai lebih menguntungkan. Pasalnya bunga pinjaman yang diberikan tidak terlalu besar serta Anda dapat mengangsur pinjaman tersebut dalam kurun waktu yang telah ditetapkan sesuai dengan perjanjian bersama.

Ada berbagai jaminan yang dapat diberikan sebagai salah satu syarat mengajukan kredit pada bank. Jaminan tersebut dapat berupa sertifikat tanah, rumah, BPKB motor dan mobil bahkan ada juga bank yang menerima agunan akta hibah. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum melakukan pinjaman menggunakan akta hibah :

Advertisements
  • Pastikan akta hibah Anda tidak sedang mengalami sengketa

Hal yang pertama kali harus diketahui sebelum melakukan pinjaman menggunakan akta hibah adalah dengan memastikan bahwa akta hibah yang Anda miliki tidak sedang dalam masa sengketa atau murni telah menjadi milik Anda. Kondisi demikian tentu sangatlah penting untuk menghindari adanya konflik nantinya. Pihak bank tidak akan menerima akta hibah Anda yang masih dalam proses sengketa ataupun belum resmi menjadi milik Anda.

  • Pastikan bank menerima agunan akta hibah

Selanjutnya yang harus Anda ketahui sebelum melakukan pinjaman menggunakan akta hibah adalah bank yang menerima agunan akta hibah. Hal tersebut tentu sangatlah penting untuk diketahui mengingat tidak semua bank menerima agunan berupa akta hibah. Lakukan survei sederhana pada bank yang akan Anda ajukan pinjaman apakah bank tersebut menerima agunan berupa akta hibah atau tidak. Apabila pihak bank tidak menerima akta hibah maka Anda selanjutnya dapat mencari pihak lain yang mana menerima akta hibah sebagai salah satu agunan yang di syaratkan.

  • Aturan yang telah ditetapkan oleh pihak bank

Kemudian hal yang harus Anda ketahui selanjutnya adalah aturan yang telah ditetapkan oleh pihak bank mengenai tata cara mengajukan pinjaman hingga tata cara membayar angsuran kredit. Pastikan Anda membaca aturan yang ditetapkan oleh pihak bank secara rinci dan cermat sehingga Anda tidak mengalami kesulitan nantinya. Setelah membaca aturan yang telah ditetapkan oleh pihak bank maka Anda dapat segera menyetujuinya untuk melakukan proses pengajuan pinjaman menggunakan agunan akta hibah.

Demikianlah jawaban dari adakah bank yang menerima agunan akta hibah serta hal yang harus Anda ketahui sebelum mengajukan pinjaman, semoga bermanfaat.

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *