Apa Saja Jaminan Kredit Di Bank

Bagi Anda yang sedang membutuhkan pinjaman pada bank tentu membutuhkan jaminan kredit di bank. Jaminan tersebut tentu bertujuan untuk menjamin keamanan pihak bank dalam memberikan pinjaman. Selain itu, dengan adanya jaminan maka sewaktu-waktu pihak bank dapat melakukan penarikan jaminan dari nasabah apabila terjadi kemacetan kredit.

Semakin besar jaminan kredit yang diberikan oleh Anda kepada pihak bank maka akan semakin besar pula jumlah kredit yang dapat Anda dapatkan.

Macam-Macam Jaminan Kredit di Bank yang Wajib Anda Ketahui

Advertisements

Seperti telah Anda ketahui berdasarkan uraian di atas, bahwasanya jaminan kredit merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh nasabah yang akan mengajukan kredit. Sebelum Anda akan mengajukan kredit pada bank maka sebaiknya Anda harus mempertimbangkan jaminan kredit di bank yang akan Anda berikan. Ada berbagai macam atau jenis jaminan kredit yang dapat Anda berikan pada bank. Berikut adalah uraiannya :

  • Sertifikat tanah

Salah satu jaminan kredit yang dapat Anda berikan pada bank sebagai lembaga pemberi kredit adalah sertifikat tanah. Sertifikat tanah yang Anda miliki akan ditaksir jumlahnya untuk kemudian disesuaikan dengan jumlah kredit yang akan Anda ajukan. Semakin banyak besaran kredit yang ingin Anda ajukan maka sebaiknya jaminan atau agunan yang Anda berikan hendaknya juga bernilai jual yang besar sehingga semakin memperbesar kemungkinan pengajuan kredit Anda akan diterima oleh pihak bank.

Advertisements
  • BPKB motor dan mobil

Selanjutnya jaminan kredit di bank yang harus Anda ketahui adalah BPKB motor dan mobil. BPKB motor dan mobil dapat dijadikan sebagai jaminan kredit bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman pada bank. Tentu Anda harus menyesuaikan besaran kredit yang akan Anda ajukan dengan besaran nilai agunan yang Anda berikan. Anda dapat memilih satu di antara BPKB motor ataupun mobil yang akan Anda jadikan agunan. Pilihlah yang nilai jualnya paling besar bila Anda memiliki lebih dari satu jenis kendaraan. Pastikan juga semua surat kendaraan lengkap dan pajak kendaraan telah terbayar.

Advertisements
  • Sertifikat rumah

Jaminan kredit selanjutnya pada bank yang harus Anda ketahui adalah sertifikat rumah. Sertifikat rumah memiliki nilai jual yang sangat signifikan. Oleh karenanya setiap kredit yang menjaminkan sertifikat rumah sebagai agunannya sebagian besar diterima oleh pihak bank. Meski demikian pastikan Anda mengambil jumlah kredit yang disertai dengan kemampuan Anda dalam mengangsur kredit untuk menghindari penyitaan rumah yang Anda jaminkan tentunya.

  • Slip gaji

Kemudian jaminan kredit selanjutnya pada bank yang harus Anda ketahui adalah slip gaji. Bagi Anda yang memiliki pekerjaan tetap maka dapat memperoleh pinjaman tanpa agunan karena hanya menjaminkan slip gaji. Sangat mudah bukan?

Demikianlah beberapa jaminan kredit di bank yang harus Anda ketahui, semoga bermanfaat.