Bisakah Pengajuan Pinjaman Bank BRI Jaminan AJB

Mengenai pinjaman dana jaminan AJB, banyak yang mengetahui bahwasanya pinjaman tersebut tidak boleh. Dikarenakan bank milik pemerintahan ini disangka tidak menyediakan produk pinjaman dengan jaminan AJB.

Hal ini terjadi karena ditakutkan kemungkinan besar risiko pihak bank untuk menanggung kerugian jika nantinya banyak nasabah yang memalsukan Akta Jual beli (AJB) tersebut. Namun sebenarnya pengajuan pinjaman Bank BRI Jaminan AJB memang tersedia, akan tetapi bila nasabah telah memenuhi syarat dan ketentuan yang diterapkan oleh pihak bank.

Advertisements

Bagaimana cara mengajukan pinjaman Bank BRI jaminan AJB?

Sebenarnya cara pengajuan pinjaman Bank BRI jaminan AJB sama halnya dengan pengajuan pinjaman lainnya. Namun hal ini diperketat mengingat tentang risiko yang ada, maka dari itu jika Anda ingin melakukan pengajuan ini Anda harus memastikan AJB baik rumah ataupun tanah adalah hak milik sendiri, dan tidak bermasalah entah itu persengketaan, tunggakan pajak dan lain sebagainya. Berikut ini syarat dan cara mengajukan pinjaman jaminan AJB di Bank BRI.

  • Mempersiapkan persyaratan yang telah ditentukan

Langkah pertama ialah mempersiapkan syarat-syarat yang telah ditentukan oleh pihak BRI berupa kelengkapan berkas seperti fotokopi KTP, Fotokopi Kartu Keluarga (KK), apabila sudah menikah maka melampirkan buku nikah, pas foto suami istri masing-masing 2 lembar dengan ukuran 4X6, agunan yakni berupa AJB asli (jika berada di luar cabang maka menggunakan surat domisili juga) dan yang terakhir adalah surat keterangan usaha dari kelurahan desa (apabila memiliki usaha). Sedangkan suku bunga nantinya akan di tentukan oleh pihak bank dan biasanya hampir menyerupai dengan bank lain pada umumnya.

Advertisements
  • Mengajukan pinjaman dengan datang ke kantor BRI

Setelah syarat lengkap, maka nasabah datang ke kantor cabang Bank BRI setempat, kemudian menghubungi customer service bank. Jika nasabah belum paham, nantinya akan diberi arahan mengenai pengajuan pinjaman Bank BRI jaminan AJB dan jika sudah di beri arahan maka nasabah mengisi formulir yang telah disediakan.

Apabila persyaratan telah lengkap dan dikonfirmasi oleh bank maka proses selanjutnya ialah pihak bank akan melakukan survei ke tempat tinggal nasabah, seperti untuk menanyakan usaha, pekerjaan, rumah, dan lain sebagainya.

  • Tunggu informasi dari pihak Bank dan pencairan dana

Setelah syarat dan prosedur di atas dilakukan, maka nasabah menunggu informasi selanjutnya dari pihak Bank BRI. Antrean bisa saja lama tergantung banyak sedikitnya permintaan ajuan nasabah yang lain. Apakah ajuan yang nasabah berikan disetujui atau tidak, jika sudah ada informasi ajuan disetujui maka nasabah akan di hubungi oleh pihak bank dan membawa materai sesuai ketentuan.

Dan yang paling terakhir ialah pencairan dana setelah proses perjanjian dilaksanakan. Biasanya dana akan cair dalam waktu beberapa jam setelah perjanjian disepakati. Dan Anda harus memastikan jumlah uang yang Anda pinjam sesuai dengan keinginan Anda.

Itulah informasi mengenai pengajuan pinjaman Bank BRI jaminan AJB yang bisa Anda lakukan pada saat mendesak. Apakah Anda tertarik mengajukan pinjaman tersebut? Informasi lebih lanjut hubungi pihak yang bersangkutan.

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *