Mengenal Apa Itu Agunan Bank Dan Jenisnya

Apa Itu Agunan Bank ?

Pengertian Agunan ialah Sebuah Aset yang di miliki oleh peminjam yang di janjikan kepada pemberi pinjaman apabila peminjam tidak dapat mengembalikan pinjaman tersebut. Jika peminjam tidak bisa melunasi pinjaman, maka pemberi pinjaman berhak memiliki Agunan tersebut.

Advertisements

Bagi anda yang sudah pernah mengajukan pinjaman di Bank tentunya tidak asing lagi dengan yang namanya Agunan. Selain Dokumen persyaratan Agunan ini juga wajib kita siapkan terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman di Bank.

Agunan ini nantinya akan mempengaruhi Besar kecilnya Nominal pinjaman. Jadi apabila anda sedang membutuhkan dana pinjaman yang jumlahnya besar,maka tentunya anda juga menyiapkan Agunan yang mempunyai nilai jual besar pula.

Berikut beberapa kriteria Aset yang bisa di jadikan Agunan Bank:

  • Barang tersebut mempunyai nilai Ekonomis, artinya Aset dapat di nilai dengan uang dan dapat di jadikan uang.
  • Mempunyai nilai Yuridis, artinya dapat di ikat secara sempurna berdasarkan ketentuan dan perundang – undangan yang berlaku.
  • Marketable, artinya kepemilikan barang dapat di pindah tangankan dari pemilik awal ke pihak lain.

Jenis – jenis Aset yang bisa di jadikan Agunan antara lain sebagai berikut:

1. Emas

Emas paling sering di gunakan masyarakat sebagai Agunan, pada umumnya masyarakat menjaminkan emas di Pegadian. Hampir setiap kantor Pegadian akan menerima jaminan logam mulia ini. Emas mudah di uangkan karena sudah ada ukuran harganya.

Advertisements

2. Produk Property

Jenis produk Property yang biasa di gunakan sebagai Agunan ialah Rumah dan tanah. Dimana calon Debitur cukup menyerahkan Sertifikatnya saja. Untuk Agunan jenis Property biasanya akan di nilai dari kondisi Aset dan situasi lingkungan yang ada sekitarnya. Sehingga nilai tersebut nantinya juga akan mempengaruhi besarnya pinjaman.

3. Mobil atau kendaraan lainnya

Mobil dan kendaraan lainnya seperti Motor, Truk, dan lainnya juga umum di jadikan Agunan. Di sini Calon Debitur hanya menyerahkan BPKB nya saja. Untuk sepeda motor besarnya jaminan mulai dari Rp 3 juta hingga maksimum Rp 10 juta dengan tenor maksimal 3 tahun. Sedangkan untuk mobil atau truk biasanya maksimal Rp 100 juta dengan tenor maksimal 5 tahun.

4. Hasil kebun atau ternak

Nah bagi anda yang berprofesi sebagai petani atau peternak, kini Bank juga memberi kesempatan menggunakan hasil panen atau hewan ternak untuk di jadikan Agunan. Untuk hewan yang biasa di jadikan Agunan oleh peternak ialah sapi betina yang sudah produktif.

Sedangkan untuk hasil panen Sementara ini yang sudah masuk hanya kopi dengan kualitas tinggi seperti Varietas Arabika Gayo. Suku bunga yang di tawarkan cukup kompetitif yaitu hanya sebesar 0,5 persen per bulan.

Itulah informasi tentang Agunan Bank Dan Jenisnya. Apabila kurang paham dengan penjelasan di atas, silahkan berkunjung ke kantor cabang Bank untuk bertemu dengan Cs.

 

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *