Pinjaman Koperasi Untuk Pekerja Swasta

Pinjaman koperasi merupakan solusi tepat bagi sebagian orang, terutama bagi mereka yang enggan mengajukan pinjaman di Bank. Selain itu Koperasi salah satu lembaga keuangan yang dekat dengan Masyarakat khususnya bagi kalangan menengah ke bawah.

Semakin banyak minat masyarakat untuk menggunakan jasa koperasi sehingga tak heran jika saat ini mulai banyak nama – nama baru atau koperasi baru bermunculan. Sebenarnya semakin banyak koperasi yang beroperasi justru semakin menguntungkan bagi masyarakat. Sehingga masyarakat bebas memilih atau membandingkan koperasi mana yang berani memberikan bunga ringan atau berani memberikan jumlah pinjaman yang besar.

Selain syarat pengajuan yang mudah, pencairan cepat menjadi salah satu alasan utama bagi sebagian besar masyarakat. Bukan hanya PNS, karyawan swasta atau siapapun bisa mengajukan pinjaman koperasi, yang terpenting mampu memberikan jaminan.

Advertisements

Baru – baru ini sedang trend pinjaman koperasi dengan jaminan BPKB kendaraan, atau lebih di kenal dengan gadai BPKB. Maksud dari gadai BPKB ini ialah hanya BPKB nya saja yang di jadikan jaminan, sedangkan unit kendaraan masih bisa di gunakan seperti biasanya.

Dana pinjaman dari koperasi bisa di gunakan untuk berbagai macam kebutuhan, seperti keperluan renovasi rumah, beli tanah, biaya sekolah, modal usaha hingga keperluan lainnya.

Anda tertarik untuk mengajukan pinjaman di koperasi, silahkan simak beberapa persyaratan umum pengajuan pinjaman di koperasi. Selengkapnya simak ulasan di bawah ini.

Advertisements

Syarat pengajuan pinjaman koperasi secara umum sebagai berikut:

Advertisements
  • Pemohon merupakan seorang Warga Negara Indonesia
  • Berusia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun
  • Memiliki pendapatan rutin per bulan
  • Unit kendaraan yang bisa di jadikan jaminan, minimal tahun pembuatan 2010
  • Unit kendaraan milik pribadi dan bukan milik perusahaan
  • Mampu melengkapi berkas persyaratan dan mau menyerahkan jaminan

Dokumen yang wajib di siapkan ketika mengajukan pinjaman di koperasi sebagai berikut:

  • Foto copy KTP
  • Foto copy STNK
  • Foto copy BPKB
  • BPKB asli sebagai jaminan

Jika semua persyaratan sudah lengkap, silahkan datang ke kantor koperasi untuk mengajukan pinjaman. Langkah – langkah mengajukan pinjaman koperasi seperti di bawah ini:

  1. Bawa unit kendaraan ke kantor koperasi
  2. Silahkan nego tafsir pinjaman dengan petugas
  3. Serahkan dokumen yang di butuhkan
  4. Proses selanjutnya verifikasi kendaraan, dengan cara menggesek nomor mesin dan nomor kendaraan
  5. Jika pengajuan pinjaman di setujui, maka hari itu juga proses pencairan dana bisa di lakukan

Meskipun syarat pengajuan pinjaman di koperasi sangat mudah, namun kita tidak boleh terlena dengan pinjaman jumlah besar. Sebab selama ini di kenal koperasi memberikan suku bunga yang besar jika di banding dengan produk pinjaman di Bank.

Sesuaikan jumlah pinjaman dengan kemampuan membayar angsuran setiap bulannya, hal ini untuk menghindari kredit macet. Sebab jika kredit macet unit kendaraan akan di tarik dan menjadi hak koperasi, sesuai dengan perjanjian awal.

Itulah yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.