Prosedur Penarikan Motor Fif – Penting Bagi Nasabah

Fif merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan pembelian suatu produk seperti pembelian Sepeda motor, furniture, Handphone atau pembelian barang elektronik lainnya. Belakangan ini semakin meningkat minat masyarakat dengan pembelian secara kredit. Selain mudah uang muka yang harus di bayarkan juga tergolong murah, jika di bandingkan dengan pembelian secara tunai atau Cash.

Mengingat dengan segala kemudahan yang telah di berikan kepada konsumen seperti kemudahan pengajuan kredit, kemudahan pembayaran cicilan, mengakses layanan, keramahan dan sebagainya. Seharusnya nasabah juga mengimbangi dengan kewajiban yang telah di sepakati bersama, yaitu kewajiban membayar angsuran dengan tepat waktu.

Namun tidak sedikit pula perusahaan yang mengalami kredit macet akibat nasabah bandel untuk tidak memenuhi kewajiban sebagai konsumen,yaitu dengan telat membayar cicilan atau bahkan tidak membayar cicilan, sehingga perusahaan mengharuskan barang tersebut untuk di tarik.

Untuk menghindari hal yang tidak di inginkan, di harapkan konsumen mematuhi apa yang telah menjadi kesepakatan kedua belah pihak. Seharusnya kita baca dan pahami terlebih dahulu apa isi dari perjanjian kontrak sebelum tanda tangan.

Sebenarnya penarikan sepeda motor kredit macet tidak bisa di lakukan dengan sembarangan, ada prosedur yang harus di jalankan. Biasanya akan ada mediasi antara perusahaan dengan konsumen sebelum sepeda motor benar – benar akan di tarik. Di harapkan kedua belah pihak tidak merasa saling di rugikan.

Advertisements

Biasanya pada bulan pertama menunggak angsuran konsumen akan di beritahu melalui Call center atau melalui surat peringatan. Apabila di bulan kedua konsumen tetap juga belum membayar angsuran, ada pihak internal dari Fif yang akan mendatangi rumah konsumen untuk membicarakan terkait keterlambatan pembayaran angsuran tersebut.

Hingga beberapa kali langkah mediasi di jalankan, akan tetapi konsumen tidak membayar maka langkah terakhir penarikan sepeda motor. Tentunya pihak konsumen dan pihak leasing tidak menginginkan adanya kredit macet. Mungkin penarikan sepeda motor adalah langkah terakhir setelah semua prosedur di jalankan.

Tips agar terhindar dari kredit macet:

  1. Perhitungkan dengan matang besarnya uang muka, semakin kecil uang muka biasanya akan semakin besar angsuran
  2. Perhitungkan juga berapa lama masa angsuran semakin pendek jangka waktunya, tentunya akan semakin besar jumlah nominal angsuran
  3. Perhitungkan besarnya penghasilan anda setiap bulan apakah cukup jika untuk biaya hidup dan membayar angsuran

Pembayaran angsuran Fif tidak hanya di lakukan di kantor cabang saja, melainkan bisa di beberapa tempat seperti Kantor pos, Alfamart, Indomart, Agen PPOB, Agen laku pandai dari Bank atau juga bisa online melalui transfer di mesin Atm. Berulang – ulang saya ingatkan hindari keterlambatan pembayaran angsuran.

Cukup sekian informasi yang bisa saya sampaikan jika kurang paham dengan penjelasan di atas, silahkan datang langsung ke kantor cabang Fif di kota anda. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *