Tips Agar Bisa Mendapatkan Kredit Tanpa Agunan Bunga Rendah

Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah produk pinjaman yang memberikan pinjaman kredit kepada nasabah tanpa membutuhkan jaminan. Sehingga pemohon KTA tidak perlu menyiapkan aset atau harta yang nantinya digunakan sebagai jaminan. Dengan KTA, Anda dapat membiayai berbagai kebutuhan Anda seperti pendidikan, kesehatan, pernikahan, renovasi rumah, dan lain-lainnya.

Karena tidak ada jaminan, bank mengambil keputusan memberikan pinjaman atau tidak berdasar pada riwayat kredit si pemohon secara pribadi. Riwayat kredit ini dibangun saat memiliki kartu kredit, kredit motor atau mobil, dan KPR. Sebagai pengganti jaminannya, maka perlu kemampuan nasabah untuk melunasi pinjaman atau melaksanakan kewajiban pembayaran.

Setiap lembaga perbankan memiliki fasilitas KTA sendiri dengan bunga dan tenor yang berbeda-beda. KTA tersebut tentu memiliki berbagai keuntungan yang dapat Anda peroleh. Namun, banyak yang mengeluh bahwa untuk mendapat KPA itu sulit.

Advertisements

Tentunya jika Anda ingin mengajukan KTA, Anda tentu ingin mendapatkan KTA dengan bunga rendah. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk lolos mendapat KTA.

  1. Gunakan Kartu Kredit dengan Baik

Beberapa bank memberlakukan syarat memiliki kartu kredit bagi pemohon untuk mengajukan KTA. Karena dibutuhkan sebagai syarat, maka Anda harus bisa mengatur penggunaan kartu kredit Anda dengan bijak.

Pastikan juga penggunaan kartu kredit Anda tidak lebih dari 80 persen limit kartu. Anda juga harus disiplin dalam membayar tagihan atau cicilan kartu kredit secara tepat waktu. Karena cara Anda menggunakan kartu kredit bisa memengaruhi penilaian bagi pinjaman yang diajukan.

Advertisements
  1. Perbaiki Catatan Rekening

Catatan rekening bank sangat dipertimbangkan dalam pengajuan KTA. Terutama bagi karyawan atau pegawai, slip gaji dan riwayat koran tabungan sangat diperhatikan. Usahakan agar catatan rekening 3-6 bulan terakhir menunjukkan pemasukan, karena pada kurun waktu tersebut bank akan mengecek catatan rekening Anda.

Perbaiki catatan rekening dan mulailah menabung. Selain itu, kelolalah gaji dengan baik agar uang di rekening milik Anda tidak minus.

  1. Atur Proporsi Cicilan

Anda perlu menghitung pemasukan dan pengeluaran Anda tiap bulannya. Sehingga Anda dapat mengetahui berapa besar dana yang dibutuhkan dan kesanggupan Anda untuk mencicil KTA per bulannya. Anda juga perlu mengatur proporsi cicilan Anda, karena kemungkinan besar bank akan menolak KTA yang diajukan jika total cicilan utang melebihi sepertiga penghasilan Anda.

  1. Riset saat Hendak Memilih Produk KTA

KTA merupakan produk pinjaman yang hampir dimiliki setiap bank. Anda harus bijak dalam memilih produk KTA agar sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui bagaimana produk KTA yang ditawarkan di bank dan memilih KTA yang memiliki bunga rendah. Sehingga Anda dapat melunasi cicilan KTA tersebut dengan tepat waktu dan tanpa terbebani.

Advertisements